Minggu, 17 April 2016

Tentang penulis (About Author)




السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Okee, finaaaaally saya membulatkan tekad saya untuk mulai menulis blog, setelah lama keingin tersebut muncul, baru sekaranglah keinginan tersebut mulai direalisasikan. Ini adalah tulisan pertama saya. Nama saya Riza Aditya Syafri, saya saat ini masih berstatus sebagai mahasiswa Universitas Trisakti pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis, tepatnya pada jurusan Akuntansi. Ya, setidaknya saya masih berstatus mahasiswa sampai dengan 29 May 2016 ini.

Keinginan saya untuk menulis blog bermula dari kesadaran saya bahwa saya memiliki potensi dan bakat dalam bidang menulis, hal ini bisa dibuktikan dari tulisan-tulisan saya sebelumnya (pada lembar jawaban saat ujian dikampus), yang notabene merupakan sebuah ajang bagi para mahasiswa untuk mengekspresikan bakat mereka untuk menulis hehehe. Ntah kenapa saya sering merasa bahwa tulisan-tulisan saya sering dihargai oleh para dosen dengan memberi nilai yang cukup memuaskan selama ini, ntah karena rasa kasian mereka kepada saya yang telah menulis secara panjang x lebar, atau karena isi tulisan saya, yang sebetulnya saya yakini juga sepertinya hanya berputar-putar saja, terlebih lagi tulisan tangan saya yang bisa dikategorikan sebagai salah satu karya seni abstrak. Tapi, terlepas dari itu semua... penilaian dosen itu absolut, dan itu hak mereka untuk memberikan penilaian terhadap mahasiswa.
Tapi serius, keinginan saya untuk menulis blog ini sesungguhnya didasari oleh keinginan saya untuk belajar. Seperti yang kita tahu, cara belajar setiap orang berbeda-beda, dan tak jarang kita temui orang-orang yang memiliki cara belajar yang unik. Salah satu cara belajar yang paling saya sukai adalah dengan cara menulis. Walaupun saya juga bisa belajar hanya dengan membaca, tetapi dengan menulis kita lebih dapat memahami setiap kata demi kata dan setiap bagian dari materi yang kita pelajari. Dibanding dengan membaca, setiap kali saya belajar dengan hanya membaca, saya hanya mampu membaca sekitar 2-3 jam, setelah itu diselingi dengan istirahat yang tentunya biasanya cukup lama dan tak jarang waktu istirahat lebih lama dibanding dengan waktu belajarnya hehe. Disamping itu, keinginan saya menulis ini juga utuk saling berbagi dengan teman-teman mahasiswa semua, terutama yang sejurusan dengan saya, atau kepada adik-adik yang mungkin berminat untuk masuk ke jurusan Akuntansi.
Dalam blog saya ini, nantinya saya akan berbagi materi-materi kuliah yang telah saya peroleh sebelumnya, terutama materi mengenai Pengantar Akuntansi, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Keuangan Lanjutan, Audit, dan Perpajakan, yang merupakan materi-materi yang ingin saya dalami sebagai bekal untuk mencari pekerjaan kedepannya. Disamping itu, saya juga mungkin akan berbagi beberapa pengalaman saya selama berkuliah, dan berbagi tips-tips mengenai apa dan bagaimana cara mempersiapkan menjadi mahasiswa yang komplit dan siap bersaing kedepannya untuk menuju dunia profesional (dunia yang baru akan segera saya rasakan). Ibarat sedang berjalan, saya seperti sedang menuju sebuah gagang pintu, dan bersiap untuk membuka pintu tersebut. Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan kita lihat dibalik pintu tersebut, tapi kita bisa mempersiapkannya sebaik mungkin untuk siap menghadapi apa yang ada dibalik pintu tersebut.
Kembali ke topik tentang saya, saya merupakan mahasiswa Akuntansi di Universitas Trisakti (seperti yang saya sebutkan diatas), saya merupakan bagian dari program beasiswa yang dibuka oleh Universitas Trisakti. Untuk itu saya berterimakasih kepada Trisakti telah membuka program ini, yang tentunya bisa membantu meringankan beban orangtua saya, karena seperti yang kita tahu bahwa biaya pendidikan saat ini, terutama untuk perguruan tinggi sudah semakin sulit dijangkau. Bahkan, baik perguruan tinggi negeri dan swasta saat ini sudah sama-sama bersaing dalam hal biaya kuliah.
Sebagai salah satu lulusan dibidang akuntansi, seperti kebanyakan lulusan dibidang ini, saya memiliki ambisi yang besar untuk menjadi seorang auditor di salah satu Kantor Akuntan Publik (KAP) besar, atau yang sering disebut KAP Big 4. Entah kenapa, auditor merupakan pekerjaan yang sangat keren bagi saya, dimana auditor layaknya detective conan yang berusaha untuk memecahkan suatu kasus. Walaupun sebenarnya tidak begitu sih.. Keinginan saya untuk menjadi auditor didasari oleh keinginan saya untuk belajar dan mengaplikasikan ilmu yang selama ini telah saya peroleh semasa studi saya dikampus. Dengan menjadi auditor, saya berharap dapat mempelajari bagaimana proses bisnis yang dijalankan oleh perusahaan, seperti bagaimana mereka menjual, bagaimana mereka memproduksi, bagaimana mereka menerapkan kebijakan-kebijakan perusahaan. Karena someday, jika tuhan menghendaki.. saya tetap ingin mewujudkan cita-cita saya sejak lama, yaitu menjadi seorang pengusaha. Oleh karena itu, saya memerlukan banyak ilmu mengenai bagaimana perusahaan menjalankan bisnis mereka. Dibandingkan dengan bergabung dengan sebuah perusahaan besar, dimana saya hanya dapat mempelajari proses bisnis dari satu perusahaan saja, menjadi auditor memungkinkan kita untuk mempelajari proses bisnis dari berbagai jenis perusahaan yang menjadi klien mereka. Selain itu, dengan menjadi auditor juga kita bisa mendalami ilmu akuntansi yang telah kita peroleh, mempelajari bagaimana suatu akun akan mempengaruhi akun-akun lainnya, menganalisa setiap kebijakan yang akan mempengaruhi akun-akun dalam laporan keuangan yang akan membuat kemampuan analisa kita juga akan meningkat tentunya. Walaupun semua itu harus dibayar dengan jam kerja yang padat, namun sepadan dengan ilmu yang akan kita peroleh. Oleh karena itu, saya berharap untuk bisa bergabung dengan salah satu Kantor Akuntan Publik Big 4.
Okee.. kembali ke latar belakang saya menulis, saya akan berusaha untuk mengeluarkan setidaknya satu tulisan dalam seminggu. Dengan membuat target mungkin akan membuat saya menjadi lebih disiplin untuk menulis. Tulisan-tulisan saya mengenai Akuntansi, Audit, dan Perpajakan tentunya akan didasari dari texbook yang memang saya pakai semasa kuliah, dan tentunya karena ini adalah tulisan saya, maka akan saya selipkan pemahaman-pemahaman saya pribadi, sehingga mungkin teman-teman yang membaca harus lebih berhati-hati dan perlu dianalisa kembali, karena mungkin pemahaman saya bisa menyesatkan hehehe..
Mungkin sekian dulu untuk perkenalan mengenai saya sebagai penulis, semoga saya bisa terus konsisten dalam menulis, yang artinya saya terus konsisten dalam belajar dan terus bisa berbagi dengan teman-teman semua. Sampai jumpa lagi pada tulisan-tulisan saya selanjutnya. Terimakasih bagi para pembaca yang telah berkenan membaca tulisan dan sedikit (atau banyak) curahan hati penulis ini hehe.

 

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Tidak ada komentar:

Posting Komentar